Yuk Kenalkan Bertani Pada Si Kecil, Ternyata Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Bertani merupakan kegiatan yang sudah dilakukan oleh nenek moyang kita sejak lama. Faktor negara agraris yang lahannya subur makmur membuat kita harusnya bangga menjadi petani. Sayangnya lahan menjadi semakin bergeser dari prioritas bertani ke pembangunan lahan bergedung tinggi.

Faktanya banyak manfaat bertani dari segi kesehatan. Terbukti  dari beberapa riset yang menunjukan seseorang yang lahir ditahun yang sama dan hidup yang berbeda,misalnya si A hidup sebagai petani di sebuah desa dan si B menjadi pekerja disebuah kota modern.

Hasil menunjukkan bahwa petani tersebut memiliki kesempatan hidup lebih lama dan sehat karena udara yang dihirup masih sehat, makanan organik dan kegiatan fisik yang cukup dibutuhkan tubuh dari bertani.

Begitupun dengan anak kegiatan pengenalan edukasi bertani pada anak sangat bermanfaat bagi pola pikirnya dan juga pada kacamata kesehatan.

Berikut penjelasannya;

  1. Anak mengenal siklus hidup tanaman dan apa saja yang dibutuhkan tanaman agar dapat tumbuh sehat. Ini sama saja anak belajar science dengan cara yang lebih menyenangkan dengan cara praktik langsung anak akan len]bih tahu mendetai lebih dari yang buku jelaskan di dalam kelas atau dibelakang meja belajar kamar.

 

  1. Berkebun dapat menstimulasi panca indera anak. Anak dapat mengenal tekstur tanah, biji dan bunga, melihat aneka warna bunga dan daun yang tumbuh, mendengar suara sayuran yang dipetik atau desir angin saat berkebun di luar rumah, dan mencium wangi bunga dan segarnya tanah saat disiram dengan air.

 

  1. Menumbuhkan kebiasaan makan makanan yang sehat dan menghargai makanan yang dia miliki. Kenapa ? biasanya anak akan picky terhadap sayuran atau makanan pokok seperti nasi dengan alasan yang beragam. Dengan bertanam mereka akan mempunyai kesadaran utnuk menghargai makanan, tentunya dengan diberi pengertian juga oleh budan dan ibu guru.

 

  1. Anak belajar bertanggungjawab dengan mengurus tanaman mereka dari mulai memegang bibit hingga proses lanjutannya. Anak secara tidak langsung memiliki tanggung jawab bahwa ia harus melaksanakan tugasnya dengan baik agar makhluk hidup yang dia tanam dapat tumbuh subur.

 

  1. Melatih denyut jantung anak agar lebih stabil, mengapa? Setiap bagian tubuh anaka, dari kaki, tangan , badan, kepala berkoordinasi dan begerak untuk melakukan rangkaian kegiatan bertani. Hal tersebut tentu menjadi kegiatan olh fisik sendiri tentunya dengan cara yang menyenangkan

 

Seru bukan? Ingin anak Anda bermain dan bertani dengnan cara yangmenyenangkan? Sekaligus mengenal hewan yang dapat menumbuhkan rasa kasih sayang?

Dapatkan penawaran edukasi alam menarik di Saung Domba Edupark !

#bertani #bercocoktanam #petanicilik #petanisehat #petanicerdas #anakcerdas #anaksehat #binatang #hewan #infobinatang #cintabinatang #menyayangi makhlukhidup #bermain #belajar #cinta #anak #family #happyfamily #ternak #domba #kambing #kuda #kelinci #ayamkalkun #ikan #burung #binatang#animal #edukasi #education #edukasianak #anakanak #memory #kasihsayang #belajarpeka #cintalingkungan  #liburan #liburanseru

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.