Yuk Kenali 5 Fakta Menarik Tentang Kuda

Kuda – hewan yang telah ada bahkan sejak zaman nabi. Fisiknya yang kuat dan larinya yang kencang menjadi salah satu keunggulannya. Namun tahukah kamu kuda memiliki beberapa fakta menarik yang belum kamu ketahui?

Berikut ulasannnya

  1. Terletak pada mata

Tahukan kamukuda memiliki penglihatanyang cukup bagus? Kuda mata dengan diameter kira-kira 5 sentimeter (2 inci), mereka adalah mamalia darat terbesar. Bila diukur dalam volume, mata kuda mencapai sembilan kali lebih besar dari pada manusia.

Mata kuda memiliki tiga kelopak mata – dua yang biasa dan yang ketiga disebut membran nictitating – yang terletak di sudut dalam mata dan sesekali menyapu mata, melumasi dan membersihkannya jika timbul. Kuda tidak bisa benar memusatkan mata seperti manusia. Sebaliknya, bagian bawah retina mereka melihat benda dari kejauhan dan bagian atas untuk melihat lebih dekat. Maka jangan heran jika kuda sering dipakaikan kacamata. Bukan karena penglihatannya tidak baik atau silau dengan sinar matahari. Namun agar mereka fokus lho.

  1. Umur kuda dapat dilihat dari giginya

Tahukah kalian bahwa kalian dapat menandai umur kuda dengan melihat giginya? Karena rumput yang dimakan oleh kuda mengandung pasir dan debu, gigi mereka lambat laun aus dan tingkat keausan ini menunjukkan umurnya. Tetapi, sebenarnya gigi kuda sangat panjang. Gigi-gigi ini mirip dengan tongkat yang tertanam pada tulang rahang.

Dibandingkan dengan gigi kita, akar gigi kuda berada jauh di dalam. Ketika gigi mulai aus, bagian yang tertanam di dalam tulang rahang mulai muncul. Bahkan pada kuda yang sangat tua, akar giginya akan terlihat di permukaan gusi. Masing-masing gigi dapat aus sepanjang 2,5 sampai 5 cm sebelum ia tak dapat dipakai untuk mengunyah.

  1. Ada alasan dibalik Tawa kuda

Pastikamu sering melihat dan mengira bahwa kuda sering tertawa atau tersenyum. Karena ekspresi yang ia tunjukan dengan menmpilkan giginya lebar-lebar. Namun itu bukan sekedar tersenyum lho. Kuda sering terlihat tertawa atau tersenyum, sebenarnya gerakan ini membantu indera penciuman mereka agar menjadi lebih baik.

  1. Memiliki otot telinga yang cukup banyak

Berapa tepatnya jumlah otot pada telinga kuda?jawabannya lebih dari otott telinga yang dimiliki manusia.Jika manusia hanya memiliki 3 otot telinga, kuda memiliki 10 otot telinga. Ini membuat mereka bisa menggerakkan telinga sampai 180 derajat.

  1. Ingatan yang kuat

Hal yang mungkin tidak kamu sadari ialah ingatan kuda sama bagusnya dengan gajah. Jika seekor kuda diperlakukan dengan baik, ia akan mengingat orang itu sebagai teman selama ia hidup. Kuda itu akan segera melanjutkan pertemanan saat melihat mereka lagi, terlepas dari berapa lama mereka berpisah. Mereka juga ingat tempat-tempat yang sangat bagus.

Kebanyakan kuda menjadi gugup saat mereka dibawa ke tempat dimana mereka memiliki pengalaman yang mengejutkan. Wah.. jadi harus ramah-ramah ya sama kuda hihi.

 

Menarik ya hewan berkaki empat ini. Penasaran untuk lebih dekat dan menungganginya? Kamu bisa kok menemukannya langsung di Saung Domba Edupark tentunya di temani oleh orang yang profesional dan mengerti kuda.

(diolah dari berbagai sumber )

 

Bermain sambil Belajar di Saung Domba Edupark.
www.saungdombaedupark.com
Facebook : Sde Edupark
Instagram : saungdombaeduparkk
Telp / WA : 0217863834 / 0819 111 222 05
Jl. Pemuda Raya, Gg. Mesjid At-Taqwa RT.02 / RW 04, Desa, Citayam, Sasak Panjang, Tajur Halang, Bogor, West Java 16320

 

#berkumpul #ngariung #saung #teman #ngobrolseru #kumpulbermanfaat #asik #nongkrong  #bermain #belajar #cinta #anak #family #happyfamily #ternak #domba #kambing #kuda #kelinci #ayamkalkun #ikan #burung #binatang#animal #edukasi #education #edukasianak #anakanak #memory #kasihsayang #belajarpeka #cintalingkungan  #liburan #liburanseru

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.