TERNYATA INI LHO MANFAAT BERKUDA UNTUK KESEHATAN

Manfaat berkuda – berkuda menjadi hal yang mengasyikan dan juga dianjurkan sejak zaman Nabi. Di negara lain seperti eropa. Berkuda menjadi kegiatan yang banyak diikuti dan digemari oleh msyarakatnya.sayangnya di Indonesia masyarakat yang menyukai olahraga ini masih sedikit dan hanya pada kalangan tertentu.

Tahukah Anda selain adrenalin yang terpacu saat menunggang kuda  ada juga beragam manfaat berkuda dari sisi kesehatan. Berikut manfaat yang dapat diperoleh dari berkuda;

  1. Melatih kekuatan inti tubuh

Menunggang kuda merupakan salah satu bentuk latihan isometrik, yang artinya Anda akan menggunakan otot tertentu untuk tetap dapat mempertahankan posisi tertentu. Dalam hal ini, tubuh akan berusaha menstabilkan otot-otot inti tubuh seperti otot bagian perut, punggung dan otot panggul selama menunggang kuda. Untuk itu, secara tidak langsung berkuda juga akan melatih kekuatan inti tubuh Anda.

 

  1. Melatih keseimbangan dan refleks

Saat berkuda, Anda akan menghadapi banyak tantangan, bukan hanya soal kecepatan, tetapi guncangan seperti lompatan dan derapan. Jika tidak memiliki keseimbangan dan refleks yang baik, maka bisa saja Anda mengalami cedera. Pada hal ini koordinasi tubuh yang baik juga dibutuhkan untuk menjaga laju kuda dan pengendara dengan baik.

 

  1. Membentuk otot dan fleksibilitas

Sama halnya dengan otot inti tubuh, otot paha Anda juga akan mendapatkan latihan terbesar. Sebab, otot ini bertugas memposisikan tubuh Anda. Latihan ini sama saja dengan melatih fleksibilitas tubuh. Penggunaan otot paha dan otot tubuh lain saat berkuda sama efektifnya dengan olahraga dengan beban berat.

 

  1. Meningkatkan sistem kardiovaskular

Berkuda juga dapat dijadikan sebagai latihan kardiovaskular. Karena ketika berkuda Anda memerlukan lebih banyak usaha dan energi, dimana hal tersebut dapat meningkatkan kerja jantung Anda.

 

  1. Mencegah kram otot

Menunggang kuda menjadi  langkah menghindari kram otot karena  gerakan waktu mengendarai kuda membuat  otot-otot memiliki kebiasaan bergerak hingga kemungkinan kram otot jadi begitu kecil.

 

  1. Melatih penglihatan lebih baik

Gerakan saat menunggang kuda membuat semuanya otot badan bergerak tak kecuali otot mata, dengan otot mata karena mata dituntut lebih jeli melihat pandangan di depan, dengan mata yang sehat pastinya berdampak pada penglihatan yang semakin baik.

 

  1. Meningkatkan peredaran darah

Dengan olahraga menunggang kuda dengan cara teratur akan membuat aliran system peredaran darah lebih lancar. Seperti yang kita tahu  darah juga membutuhkan aliran supaya sirkulasinya stabil.

 

  1. Mensitmulasi integrasi sensor

Dengan aktif olahraga menunggan kuda akan  merangsang integrasi sensor yang berefek bagus untuk kesehatan.

 

Demikian 8 manfaat berkuda yang akan Anda peroleh bagi kesehatan.

Semoga bermanfaat!

 

Sumber :  wikpedia.com ; seruni.id; manfaat.co.id; 1health.id

 

Bermain sambil Belajar di Saung Domba Edupark.
www.saungdombaedupark.com
Facebook : Sde Edupark
Instagram : saungdombaeduparkk
Telp / WA : 0217863834 / 0819 111 222 05
Jl. Pemuda Raya, Gg. Mesjid At-Taqwa RT.02 / RW 04, Desa, Citayam, Sasak Panjang, Tajur Halang, Bogor, West Java 16320

#berkuda #menunggangkuda #tamsyadengankuda #manfaatberkuda #manfaatpsikis #manfaatkesehatan #bermain #belajar #cinta #anak #family #happyfamily #ternak #domba #kambing #kuda #kelinci #ayamkalkun #ikan #burung #binatang#animal #edukasi #education #edukasianak #anakanak #memory #kasihsayang #belajarpeka #cintalingkungan  #liburan #liburanseru

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.