anak kambing etawa

Khasiat Susu Kambing Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Siapa yang tak menyukai susu sapi? Di Indonesia Susu sapi sudah menjadi hal yang lumrah dikonsumsi. Tak hanya di Indonesia Peneliti di Amerika juga melihat perilaku yang sama pada masyarakat negeri Paman Sam tersebut.

Ironisnya, terdapat banyak keluhan pada orang-orang yang mengkonsumsi susu sapi dengan indikasi perut kembung, bergas, dan ganggungan lainnya.

Saat ini susu kambing menjadi altenatifnya terutama dari kambing organik dan saat susu masih mentah atau segar. Kambing sendiri mengambil 2% pengaruh pada pasokan susu global. Lalu apa yang dirasakan oleh penikmat susu kambing? Mereka menyatakan resiko alergi dan keluhan pada pencernaan lebih  rendah.

Susu kambing memberikan banyak manfaat. Hal ini didukung dengan tidak adanya efek negatif seperti yang terdapat pada susu sapi. Berikut beberapa manfaat tersebut.

  1. Reaksi pada Peradangan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat utama susu kambing adalah tidak menyebabkan peradangan. Hal tesebut menjadi alasan besar mengapa lebih mudah bagi orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk minum susu kambing daripada susu sapi.

  1. Ramah Lingkungan

Kambing membutuhkan ruang dan makan lebih sedikit makanan daripada sapi.  Areal untuk 2 ekor sapi setara untuk areal enam ekor kambing.

  1. Mendukung Metabolisme

Studi yang dilakukan oleh USDA dan Prairie View A & M University menghubungkan susu kambing dengan peningkatan kemampuan untuk memetabolisme besi dan tembaga, terutama di kalangan individu dengan keterbatasan pencernaan dan penyerapan.

  1. Komposisi kimiawi yang mendekati ASI

Manfaat utama susu kambing adalah seberapa dekatnya ASI manusia. Karena memiliki komposisi kimiawi yang jauh lebih dekat dengan susu manusia daripada susu sapi, susu kambing lebih mudah dicerna dan berasimilasi dalam tubuh manusia.

 

  1. Mudah dicerna

Ukuran molekul lemak dalam susu kambing  jauh lebih banyak daripada yang ditemukan pada susu sapi. Hal ini membuat susu kambing lebih mudah dicerna.

 

  1. Tinggi Asam Lemak

Sementara susu sapi mengandung sekitar tujuh belas persen asam lemak, susu kambing rata-rata mencapai tiga puluh lima persen asam lemak, membuatnya lebih bergizi. Faktanya, sampai 50% orang yang mengalami intoleransi laktosa terhadap susu sapi menemukan bahwa mereka dapat dengan mudah mencerna susu kambing, terutama saat masih segar atau murni.

 

  1. Kaya akan Kalsium

Banyak orang khawatir bahwa mereka perlu minum susu sapi untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan mendukung kesehatan tulang. Nyatanya, Susu kambing mengandung kalsium tinggi dan triptofan asam amino, tentu pilihan yang lebih sehat daripada susu sapi bukan?

Sumber : Globalhealingcenter.com

#susukambing #khasiatsusukambing #milkgoat #susukambingetawa  #susukambingsegar #freshgoatmilk #manfaatsusukambing #alternatifsususapi #alergisususapi #susubernafaat #saungdomba #saungdombaedupark

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.