anak hobi menggigit

Anak Hobi Menggigit? Ini Solusinya

Di usia kanak-kanak banyak kegiatan yang awalnya sekedar iseng atau ketidaksengajaan namun lama kelamaan bisa menjadi kebiasaan. Salah satunya adalah kesukaan menggigit baju.

Kebiasaan ini sayangnya tidak hanya berlanjut dirumah, bisa terjadi dimanapun dan dalam kondisi apapun. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan :

Ajari bahwa menggigit adalah tindakan yang salah dan menyakiti orang lain. Anda harus tegas mengatakan “tidak boleh” atau “menggigit itu hal buruk”.

Kenali tanda-tanda ketika anak hendak menggigit. Biasanya dia akan menggeretakkan gigi, atau badannya berubah tegang. Lalu jauhkan dia dari orang lain yang mungkin jadi korban gigitannya, bawa dia ke tempat yang sepi untuk menenangkan emosinya. Bagi anak yang sedang tumbuh gigi, beri mainan atau makanan untuk menggigit.

Kurangi efektifitas dari kebiasaan menggigitnya. Jangan berikan apa yang ia inginkan jika dia mulai menggigit seseorang. Buat peringatan tegas tentang kebiasaan menggigitnya. Jauhkan dia dari teman, larang dia bermain sampai dia sadar bahwa tindakannya merugikan orang lain.

Ajari anak bagaimana mengungkapkan perasaannya. Misalnya mencium atau memeluk saat dia ingin mengungkapkan kasih sayang, mencolek atau menarik ujung baju saat mencari perhatian, mendorong dengan pelan saat ia tak ingin seseorang terlalu dekat dengannya.

Puji dia atas perilaku baik yang dilakukan. Memuji anak saat dia bertingkah laku manis bisa menjadi cara untuk menghilangkan kebiasaannya menggigit. Anak menjadi tahu bahwa ia tak perlu menggigit untuk mendapatkan perhatian.

Bantu anak anda melepaskan ketegangan dengan melakukan hal-hal positif. Contohnya membiarkan dia membantu anda memasak, bermain di taman sore hari, atau mengajaknya berenang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *